Generasi Muda Papua untuk Hak Adat (Gempha) Periode ke II Dilantik

Generasi Muda Papua untuk Hak Adat (Gempha) Periode ke II Dilantik

Jayapura, Yayasan Anak Dusun Papua (Yadupa) resmi melantik badan pengurus Generasi Muda Papua Untuk Hak Adat (Gempha) periode ke II Tahun 2017- 2020 berlangsung di Aula Susteran Maranatha Waena (8/9/2017)

Terpilih sebagai ketua, Dekler I.C. Yesnath dalam sambutannya menyampaikan “Sebagai generasi muda Papua yang sudah memberikan dukungan kepada Gempha, generasi muda Papua akan memperjuangkan hak-hak adat yang lebih baik kedepan”.

Pelantikan yang mengusung Theme”Generasi Muda Papua Bersatu Untuk Hak Adat” berjalan dengan baik. Whelmina Morin Kordinator Jaringan dan Lobby &Advokasi (Jadbu) Yadupa Melantik secara resmi Ketua Gempha terpilih Dekler I.C. Yesnath, Bendahara Evelin Jhenifer Beatrix, Sekretaris Vornawan Rumbino dan Kordinator bidang-bidang lainnya.

Dalam sambutan mewakili Direktur Yadupa,Whelmina Morin mengharapkan Generasi muda Papua mempunyai sebuah mimpi dan cita-cita “setelah pelantikan merupakan awal untuk membangun semanga kembali dan koordinasi dan saling mengingatkan satu sama lain”.

Kepengurusan periode ke II Gempha tersebut ditetapkan dalam Konfrensi Gempha ke II pada bulan mei 2017 lalu. Pelantikan tersebut berdasarkan Surat Keputusan Yayasan Anak Dusun Papua tentang Penetapan dan Pelantikan Badan Pengurus Generasi Muda Papua Untuk Hak Adat .

Wadah generasi muda ini merupakan pembelajaran untuk menjadi pemimpin ditanah ini “ini awal yang baik menjadi pelajaran untuk mewujudkan sebuah mimpi dan cita-cita sebagai pemimpin masa depan papua”harap Welly dalam sambutannya.

Hadir juga Fransiskus Kobepa,sekretaris Umum Demisioner Gempha. Frans mengatakan bahwa Gempha merupakan wadah generasi muda Papua yang peduli dan bekerja untuk mempertahankan hak-hak adat“sebagai generasi muda, penerus dan penjaga hak adat ,mari kita menjaga eksistensi hak adat terutama di kampung halaman”.

Perlu diketahui bersama bahwa kepengurusan periode I Gempha sudah melakukan berbagai kegiatan dalam hakhak masyarakat adat seperti Debat Mahasiswa,Lomba Cerita Rakyat dan Lomba Pidato dan lain-lain.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *